PELATIHAN AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK

Salatiga, 8 September 2011 – Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret kerjasama dengan Pemerintah Kota Salatiga, pada hari Kamis, 8 September 2011 telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Kota Salatiga bagi Bendahara dan PPK di lingkungan Kota Salatiga. Kegiatan yang diikuti oleh 75 peserta ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Program Studi Magister Akuntansi FE UNS dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sesuai dengan tema kegiatan, fokus kegiatan ini adalah pelatihan penyusunan laporan keuangan Pemerintah Kota Salatiga agar memperoleh opini audit “Wajar tanpa pengecualian”. Oleh karena itu dihadirkan para profesional yang berpengalaman dalam bidang akuntansi dan keuangan sektor publik, yaitu Muhtar, SPd, M.Si, (Staf Ahli Rektor UNS Bidang Akuntansi) dan Drs. Jaka Winarna, M.Si., Ak. (Staf Pengajar Akuntansi Sektor Publik FE UNS).

Sutaryo, M.Si., Ak (alumnus Beasiswa Unggulan dari Biro Kerjasama Luar Neger DIKTI) selaku Ketua Panitia dari Magister Akuntansi FE UNS, menyatakan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta penyusunan laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) dalam rangka pencapaian opini wajar tanpa pengecualian dari BPK-RI . Menurut Sutaryo, M.Si., Ak, diharapkan kegiatan ini tidak hanya berhenti pada tahap pelatihan saja, tetapi dapat dilanjutkan dalam bentuk kerjasama pendampingan bagi SKPD di lingkungan Pemerintah Kota salatiga khususnya dan pemerintah daerah lain dalam penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.